Written by 5:30 pm Blog Views: [tptn_views]

Seragam Hotel: seragam koki dan steward di dapur

Dengan banyaknya permintaan mengenai pembuatan seragam koki khususnya untuk restoran besar maupun jaringan restoran kecil, kami dari bajuspg.com diharuskan sedikit banyak mengenal tentang istilah-istilah yang digunakan dalam dunia perhotelan terutama yang digunakan sebagai seragam di dapur. Hirarki wilayah dapur dari sebuah restoran bisa amat beragam disana.

 

1. Chef De Cuisine, Executive Chef atau Koki Kepala

Ini merupakan jabatan tertinggi dari sebuah dapur di restoran maupun di hotel. Chef kepala adalah orang yang sangat bertanggung jawab akan kelangsungan hidup di dapur, mereka inilah yang bertanggung jawab akan masalah kreasi makanan di dapur, variasi makanan, urusan staf dapur dan pengaturan menu di dapur. Walaupun tidak bertanggung jawab untuk urusan menu satu persatu, pangkat ini adalah yang tertinggi. Bila ada variasi tambahan dalam seragam koki, pangkat Koki Kepala biasanya diberikan tampilan paling mewah karena merekalah yang sesekali tampil ke depan melayani konsumen secara langsung di momen momen tertentu.

 

2. Sous-chef

Pangkat ini pangkat dibawah Chef kepala, mereka bertugas mengatur penjadwalan menu makanan dan pengganti makanan bila dibutuhkan. Fungsi dari Sous Chef juga kadang melengkapi kehadiran chef kepala atau bisa sebagai wakil bila chef kepala berhalangan hadir.

 

3  Chef De Partie

Chef ini bertanggung jawab untuk masalah makanan permakanan. Untuk restoran yang mempunya menu menu spesial dengan variasi yang cukup beragam memiliki beberapa chef de partie yang juga banyak. Mereka bertanggung jawab langsung dengan menu makanan yang menjadi tanggung jawabnya dan biasanya memiliki keahlian yang lebih spesifik.

 

4.Steward

Di beberapa tempat seorang steward bisa berarti pembantu umum, mereka belum mempunyai keahlian yang spesifik sehingga sering diperbantukan di beberapar chef de partie untuk melakukan pekerjaan umum yang tidak terlalu menggunakan keahlian khusus seperti mengupas bawang, memotong cabai bahkan menguliti ayam.

 

Baju Koki

Baju koki sendiri bila secara lengkapnya memiliki bagian bagian yang spesifik, seperti topi koki , baju double breasted, celana dan celemek. Pakaian yang umumnya berwarna putih dengan kombinasi yang sedikit saja  sperti stripe dan bordir sebagai penanda nama restoran atau branding bisa saja dimasukkan ke dalam design baju koki ini. Topi koki yang agak panjang dengan jumlah lipatan yang spesifik 101 lipatan merupakan sebuah simbol bahwa si koki harus bisa menghidangkan kudapan telur sebanyak 101 cara. Bentuknya yang panjang pun bermakna agar dapat menyerap panas dari dapur.

Baju koki yang berwarna putih sebagai penanda kebersihan dapur olahan si koki itu sendiri selain warna putih juga warna yang dapat menolak panas dari api yang biasanya hadir di dapur.

 

 

 

 

Close